Rabu, 25 Juni 2014

Rifqy Syafrial

Saya anak sulung dari 3 bersaudara, adik-adik saya perempuan semua. Nama lengkap saya Rifqy Syafrial. Saya kelahiran Sleman, 2 Desember 1988. Lahir dan tumbuh di Jogja. Ibu asli Jogja, ayah dari Palembang. Alhamdulillah sejak kecil saya dianugerahi kecerdasan yang agak unggul dibandingkan teman-teman yang lain. Namun, hal itu membuat saya malas belajar. Karena waktu itu tanpa belajar pun nilai saya tetap bagus. Saat pembagian raport, saya tak pernah di luar 2 besar. Hampir rangking 1 terus. Itu terjadi selama SD dan SMP. Saat kelulusan pun, nilai UN saya jadi yang tertinggi waktu SD dan SMP. Malas belajar ini berlanjut sampai SMK. Nah, nilai-nilai pelajaran saya mulai naik turun. Alhamdulillah, bisa tetap lulus dengan nilai rata-rata 8,7.



Jreng-jreng!!

Lalu, tak berselang lama sejak kelulusan, ayah saya dipanggil Allah. Saat itu tanpa persiapan, saya diamanahi untuk memimpin ibu dan adik-adik saya. Saya putuskan merantau ke Karawang untuk bekerja. Tak butuh waktu lama saya diterima di sebuah perusahaan dan masih bertahan sampai sekarang. Pada awal bekerja, saya sambil mengumpulkan modal untuk berbisnis. Saat itu ilmu bisnis saya cuma satu, nekat!! Hehe..

Alhamdulillah selama hampir 2 tahun berbisnis, akhirnya bangkrut juga. Berawal dari rental ps (sampai 12 unit), punya counter hape, jalanin grosir kelapa butiran sama ikutan MLM. Saya terpaksa menjual aset yang saya punya untuk membayar hutang dan mengembalikan modal investor. Belum lagi piutang macet, ditipu rekan bisnis, dll. Semua kondisi tersebut saya jalani sambil tetap menjadi kepala keluarga untuk ibu dan adik-adik saya.

Inilah cara Allah untuk memaksa saya belajar. Saya ditempa oleh keadaan dan waktu. Diingatkan untuk tidak takabbur. Belajar leadership. Belajar amanah. Belajar menghargai sesama. Belajar lebih peka. Banyak hal yang bisa saya petik dari kejadian-kejadian yang saya alami. Semoga bisa diambil hikmahnya untuk kebaikan saudara-saudaraku semua di Grup Odoj 877. Alhamdulillah bisa dipertemukan dengan saudara-saudaraku semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar